in ,

Bukan Prank, Jadwal Pencairan BLT Tahap 3 Sudah Diumumkan dan Siap Di Transfer ke Semua Bank

Saat ini Menteri Ketenagakerjaan mulai menyalurkan bantuan tunai langsung (BLT) tahap 3 kepada pekerja yang memiliki gaji dibawah 5 juta.

Sudah ada 3,5 juta pekerja yang akan segera menerima bantuan BLT Tahap 3 ini melalui bank Himbara (Himpunan Bank-Bank Milik Negara), Bank Himbara sendiri antara lain Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BTN dan Bank BNI.

Kementerian Ketenagakerjaan juga mengatakan bahwa penerima bisa menggunakan bank swasta maupun bank BUMN untuk menerima bantuan BLT.

Apabila menggunakan bank swasta seperti BCA, My Bank, Danamon dan lain-lain akan membutuhkan waktu agak lama, Serta karena proses pencairan diutamakan dilakukan oleh bank Himbara karena lebih cepat.

Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan, Soes Hindarno menambahkan bahwa untuk masalah pencairan BLT, bagi penerima yang menggunakan bank swasta harus menunggu selama lima hari.

Namun Ida Fauziyah Menteri Ketenagakerjaan mengatakan bahwa jika penerima bantuan BLT yang menggunakan bank swasta memiliki data yang valid secepatnya akan segera cair, hanya harus menunggu saja.

Maka dari itu pemerinta dan Menteri Ketenagakerjaan menyarankan para pekerja atau penerima melakukan pengecekan apakah namanya terdaftar sebagai bakal penerima bantuan atau tidak.

Untuk melakukan pengecekan nama dan saldo BLT tahap 3 bisa mengikuti arahan yang telah diberikan oleh pihak pemerintah dan BPJS bisa melalui website dan aplikasi BPJS Ketenagakerjaan.

Pertama, jika peserta ingin mengetahui setatus kepesertaannya melalui aplikasi.

1. Peserta harus mengundyh aplikasi BPJSTK di gogle play store.

2. Setelah terunduh peserta langsung saja instal aplikasi BPJSTK.

3. Jika sudah terinstal peserta bisa melakukan pendaftaran terlebih dulu agar bisa mendapatkan PIN.

4. Syarat utama melakukan registrasi pada aplikasi BPJSTK adalah memiliki Nomor KPJ (bisa dilihat di kartu BPJS Ketenagakerjaan), NIK, nama dan tempat tanggal lahir.

5. Setelah resmi terdaftar, peserta dapat melihat status kepesertaannya.

6. kemudia bisa klik atau pilih menu “Kartu Digital”.

7. Apabila sudah di pilih menu “Kartu Digital” akan keluar tampilan kartu digital BPJS Ketenagaketenagakerjaan, Klik bagian bawah tampilan tersebut maka akan terlihat status kepesertaan BPJS TK (aktif/Noaktif).

Cara lainnya pserta bisa melakukan pengecekan melalui Website BPJS TK seperti berikut ini.

1. Masuk ke laman sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

2. Kemudian cek data kepesertaan dan saldo JHT laman resmi sso.bpjsketenagakerjaan.go.id

Apabila belum terdaftar di laman resmi sso.bpjsketenagakerjaan.go.id bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu, begini tahapannya:

1. Masuk ke laman resmi BPJS, sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
2. Pilih menu registrasi
3. Kemudian isi formulir sesuai nomor KPJ aktif, nama dan tanggal lahir, NIK, nama ibu kandung, nomor telepon dan email yang aktif.
4. Jika sudah mengisi formulir akan mendapatkan PIN via SMS

Cara cek data kepesertaan data kepesertaan dan saldo JHT seperti berikut:

1. Masuk ke laman https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id
2. Isi email di kolom user dan masukan kata sandi
3. Kemudian pilih menu layanan, klik cek saldo JHT
4. Masukan kode atau PIN yang telah dikirim via SMS
5. Tunggu dan selesai, saldo langsung ditampilkan

Berikut tadi cara untuk memastikan anda sebagai penerima bantuan BLT atau tidak, terkait pencairan BLT jika tidak ada kendala pemerintah akan memberikan secepatnya. (pikiranrakyat)

SIMAK JUGA

Cair Sekarang! BLT BPJS Tahap III Rp 600 Ribu Cair Hari ini, Cek Nama Kamu Disini Sekarang

BLT Tahap 3 Sudah Cair Kesemua Bank, Berikut Cara Cek Penerima Melalui Aplikasi BPSJTK