in

Jangan Ragu! Sore Ini Klaim Token Listrik Gratis dari PLN Bisa Dilakukan Lewat Whatsapp, Ini Caranya

PT PLN (Persero) menyatakan, klaim token listrik gratis bagi pelanggan pascabayar golongan 450 VA dan 900 VA subsidi sudah bisa dilakukan sejak sore hari ini, Senin (6/4/2020).

Hal ini menyusul kebijakan pemerintah yang memutuskan untuk menggratiskan listrik bagi pelanggan daya 450 VA dan memberikan diskon 50 persen bagi pelanggan 900 VA subsidi selama 3 bulan ke depan.

“Sore ini layanan WhatsApp pelanggan telah bisa diakses kembali, kami harapkan ini bisa mempermudah pelanggan dalam mengakses token listrik gratis maupun diskon listrik mereka” ujar Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, I Made Suprateka dalam keterangan tertulis, Senin.

Made menjelaskan, 11 juta pelanggan yang menggunakan kWh meter prabayar, akan mendapatkan token listrik berdasarkan penggunaan terbesar selama tiga bulan terakhir.

“Hingga pkl 15.00 WIB (6/4/2020) Sebanyak 10,7 juta token pelanggan telah terinput,” katanya.

Cara Klaim Token Gratis

Pelanggan pascabayar golongan 450 VA dan 900 VA subsidi yang ingin mengklaim token listrik gratis melalui WhatsApp dapat melakukan langkah sebagai berikut:

1. Hubungi dan chat WA 08122 123 123 atau klik link https://wa.me/628122123123

2. Ketik listrik gratis untuk mengaktifkan layanan.

3. WA PLN 123 akan memberikan response tunggu beberapa saat dan ikuti petunjuk yang diberikan.

4. Masukan nomor IDPEL/ nomor meter anda.

5. Info listrik gratis/diskon anda dapatkan.

Selain itu pelanggan juga bisa memanfaatkan website PLN melalui www. pln.co.id dengan cara :SCROLL UNTUK LANJUT BACA

1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19.

2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.

3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Made menambahkan, untuk pelanggan rumah tangga 450 VA yang menggunakan kWh meter pascabayar, biaya rekening bulan April akan langsung digratiskan.

Kemudian pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang menggunakan kwh meter pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada setiap bulannya akan dikurangi 50 persen.

“Kami menyadari di situasi seperti saat ini, baik listrik gratis ataupun diskon ini sangat dibutuhkan oleh saudara-saudara kita yang kurang mampu. Kami akan pastikan semua pelanggan yang berhak harus mendapatkan haknya,” tutur Made.

Lebih lanjut, PLN disebut sudah bekerjasama dengan perangkat pemerintah setingkat Kecamatan/Desa/Kelurahan untuk memastikan bantuan listrik selama pandemi Covid-19 dapat diterima masyarakat.

“Kami telah berkomunikasi dengan pemerintah agar bisa bekerja sama memberdayakan aparatur di tingkat Kecamatan/Desa/Kelurahan, khususnya untuk menjangkau masyarakat yang berada di daerah terpencil,” ucap Made.

Kompas

SIMAK JUGA

Pelajaran Agama Dihapus? Begini Respon Nadiem Mendikbud

Jokowi Dikabarkan Bakal Pindah ke Singapura Jika Lengser, Gibran & Kaesang Bereaksi Begini