in ,

Kabar Baik Corona: Angka Sembuh Jatim Tinggi hingga Dana Riset COVID-19 Rp 180 M

Pasien positif corona di Indonesia bertambah 1.671 dalam 24 jam, sehingga per Rabu (15/7), total pasien positif mencapai 80.094 orang.

Namun di tengah banyaknya jumlah kasus baru virus corona yang bermunculan itu, ada beberapa kabar baik yang terjadi. Misalnya, angka kesembuhan di Jawa Timur tertinggi selama 6 hari terakhir, hingga ratusan prajurit Pusdikpom TNI AD Sembuh.

Berikut kumparan rangkum selengkapnya untuk anda:

101 prajurit di Pusdikpom TNI AD sembuh dari corona

TNI AD terus memeriksa kesehatan prajurit yang terjangkit virus corona. Pemeriksaan juga dilakukan terhadap 101 prajurit di Pusdikpom TNI AD yang sebelumnya dinyatakan positif virus corona.

Kadispen TNI AD Brigjen TNI Nefra Firdaus mengatakan, tim dokter sudah melakukan swab ke-2 terhadap 101 prajurit di Pusdikpom TNI AD. Dalam pemeriksaan itu, semua prajurit dinyatakan negatif.

“Di Pusdikpom, Cimahi, sudah dilakukan swab ke-2 terhadap 101 pasien positif dengan hasil Lab PCR 101 Pasien tersebut menjadi negatif semua,” kata Nefra dalam keterangannya, Rabu (15/7).

Anggaran Rp 180 Miliar untuk riset corona

Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) bakal mengubah peruntukan anggaran (realokasi) senilai Rp 180 miliar untuk penelitian terkait corona.

Menristek, Bambang Brodjonegoro, mengatakan anggaran tersebut sebenarnya kurang. Namun harus dimaksimalkan untuk mengembangkan penelitian terkait corona seperti rapid test hingga vaksin sampai tercipta prototype.

Bambang berharap prototype penelitian nantinya bisa disambut Kemenkes dengan pengadaan massal. Sehingga industri bisa tertarik mengembangkan prototype agar tidak berhenti di laboratorium.

Positivity rate di Jabar di bawah 5%

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengatakan jika positivity rate di wilayahnya kini berada di bawah angka 5 persen. Berdasarkan ketentuan dari WHO, angka tersebut menandakan penyebaran COVID-19 masih cukup baik.

“Jabar dianggap baik, salah satu ukurannya positivity rate. Salah satu ukuran WHO ya, keterpaparan. Kita kan di bawah 5 persen,” kata Ridwan Kamil usai menghadiri rapat bersama Presiden Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Rabu (15/7).

Positivity rate merupakan perbandingan antara orang yang dinyatakan positif COVID-19 dengan jumlah tes yang dilakukan baik PCR atau swab.

Jawa Timur sudah punya 32 lab PCR

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan pihaknya terus memaksimalkan penanganan COVID-19 di Jawa Timur. Ia mengatakan, saat ini sudah ada 32 lab polymerase chain reaction (PCR) di wilayahnya.

“Sekarang sudah ada 32 mesin lab PCR (se-Jatim),” kata Khofifah, Rabu (15/7).

Kesembuhan pasien Corona di Jawa Timur terbanyak se-RI

Jawa Timur hingga kini masih menempati posisi pertama dengan kasus positif virus corona terbanyak di Indonesia. Tak hanya pertumbuhan kasus positif, Jatim juga menjadi provinsi dengan angka kematian terbanyak.

Di sisi lain, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan kabar baik dari penanganan COVID-19 di wilayahnya. Setidaknya, tingkat kesembuhan pasien corona juga terbilang tinggi, bahkan menjadi yang terbanyak dalam beberapa hari terakhir.

“Sekarang ini sudah 6 hari berturut-turut alhamdulillah kesembuhan pasien COVID-19 di Jawa Timur itu terbanyak se-Indonesia. Enam hari berturut-turut, pada posisi negatif (swab) dua kali,” kata Khofifah usai mengikuti rapat bersama Presiden Jokowi di Istana Bogor, Rabu (15/7).

Kumparan

SIMAK JUGA

Puluhan Kader Nyatakan Dukung Gibran di Pilkada 2020, Ini Tanggapan DPC PDIP Solo

Potret Petugas Medis Basah Kuyup Keringat & Kelelahan Mengenakan APD