in

Kabar Buruk, 2 Juta Penerima PKH akan Diberhentikan di Tahun 2020. Ini Penyebabnya…

Kabar Buruk, 2 Juta Penerima PKH akan Diberhentikan Pemerintah di Tahun 2020 Ini. Ini Penyebabnya…

Apa kabar bapak ibu sekalian? Semoga selalu dalam keadaan sehat. Pada kesempatan kali ini, admin akan membagikan satu kabar terbaru untuk penerima PKH.

Mungkin, kabar ini bisa disebut sebagai kabar buruk sebab terkait dengan 2 juta KPM PKH yang terancam keluar dari program PKH.

Berdasarkan surat edaran dari Kementerian Sosial RI No. 1598/3.4/DI.04/9/2020 tentang Pemberitahuan Pelaksanaan Resertifikasi atau Pemutahiran Data Sosial Ekonomi.

Resertifikasi adalah proses peninjauan kembali keluarga yang menerima PKH. Itu artinya, para penerima PKH akan di data ulang mengenai kondisi sosial ekonomi mereka.

Apakah mereka masih layak mendapatkan PKH atau sudah waktunya keluar dari PKH atau graduasi.

Jika sebelumnya resertifikasi ini menggunakan sistem kertas atau kuesioner yang harus diisi oleh para KPM, tetapi untuk resertifikasi tahun ini akan dilaksanakan menggunakan sebuah aplikasi yang bernama SIKS-DROID.

Hal ini dilakukan dalam rangka memastikan data penerima PKH tepat sasaran. Maka, Direktorat Jaminan Sosial Keluarga bekerjasama dengan PUSDATIN KESOS akan melaksanakan pemutakhiran data sosial ekonomi KPM PKH, yang diduga masuk ke dalam kategori menengah.

Yaitu, para peserta PKH yang kondisi ekonominya sudah dianggap sejahtera dan KPM PKH yang berasal dari angkatan 2007 sampai 2012.

Adapun jumlah penerima PKH yang akan diresertifikasi terbagi menjadi 2 bagian. Bagian pertama, yaitu para KPM PKH yang masuk ke dalam kategori menengah sebanyak 1.013.595 orang.

Bagian kedua, yaitu para penerima PKH yang terdaftar sejak tahun 2007 s.d 2012 sebanyak 941.659 orang.

Kemudian, tidak menutup kemungkinan bahwa peserta angkatan 2012 ke atas, semisal angkatan 2014, 2016, 2018, 2020 dan kondisi ekonomi berada di kelas menengah atau sejahtera, juga kemungkinan besar mereka pun akan menjadi sasaran resertifikasi tahun ini.

Jadi, total keseluruhan yang akan diresertifikasi sebanyak 1.955.254 orang penerima PKH atau hampir 2 juta orang di seluruh Indonesia.

Resertifikasi ini rencananya dilaksanakan sejak bulan lalu pada tanggal 7-30 September 2020.

Namun, karena banyaknya kendala di lapangan, maka program ini akan dilaksanakan di bulan-bulan berikutnya di tahun 2020. nkriku.com

SIMAK JUGA

Jika Ada Orang Kaya menerima PKH, Polisi Diminta Periksa Pendamping PKH

Ditransfer Mulai November 2020, Kenapa Subsidi Gaji Rp 1,2 Juta Belum Juga Masuk ke ATM? Ternyata Ini Masalahnya