in ,

Daftar Bantuan PPKM JULI 2021 ada Uang 300 Ribu Sampai Diskon Pulsa Listrik 50%

Daftar Bantuan PPKM JULI 2021 ada Uang 300 Ribu Sampai Diskon Pulsa Listrik 50%. Untuk kejelasan syarat dan cara daftar bantuan PPKM Juli 2021 langsung cek kebawah.

Pengaturan ini dilakukan sejalan dengan adanya aturan pengendalian mobilitas masyarakat selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Keputusan pencairan bansos PPKM Darurat diutarakan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual, Kamis (1/7/2021).

Keputusan untuk kembali mencairkan bansos, seperti saat awal pandemi Covid-19 terjadi pada 2020, merupakan hasil diskusi beberapa menteri.

Antara lain Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Sosial Tri Rismaharini, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, dan sejumlah pejabat terkait lainnya.

“Kami sepakat bansos akan digulirkan lagi. Jadi tadi Bu Risma, Bu Menkeu, Gubernur BI, dan juga beberapa teman lainnya telah bertemu dan kami sudah sepakat untuk bansos kita gulirkan kembali,” kata Luhut.

Kita simak yuk brother bansos apa saja yang disalurkan selama masa PPKM Darurat 3-20 Juli 2021:

Bantuan PPKM Juli 2021

1. Bansos tunai

Dikutip dari Kompas.com, Mensos Tri Rismaharini mengatakan, Kemensos akan memperpanjang penyaluran bansos tunai yang sebelumnya selesai pada April 2021.

Risma menambahkan, bansos tunai akan kembali dicairkan untuk periode dua bulan, yakni Mei dan Juni, dengan nominal tiap bulan sebesar Rp 300.000.

Bansos akan langsung dicairkan untuk dua bulan, jadi nominal yang diterima sasaran bansos adalah sebesar Rp 600.000.

Pencairan bansos tunai dalam rangka meringankan beban masyarakat yang terdampak PPKM Darurat ini akan dimulai pada pekan depan.

“Pencairan rencananya dilakukan mulai pekan depan. Makanya hari ini (Kamis) kami lembur,” ucap Risma.

Menurut Risma, target penerima bansos tunai kali ini adalah 10 juta warga.

Data penerima diperoleh dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Risma mengatakan, skema pencairan bansos tunai masih sama seperti sebelumnya, yaitu langsung ditransfer ke rekening bank penerima atau melalui kantor pos.

2. Stimulus tarif listrik

Mengutip laman Kemenkeu, Jumat (2/7/2021) Menkeu Sri Mulyani Indrawati mengatakan, stimulus listrik akan diberikan kepada masyarakat pelanggan 450 VA dan 900 VA.

Untuk merespon penerapan PPKM Darurat, pemerintah akan kasih diskon 50 persen untuk pelanggan listrik 450 VA, dan diskon 25 persen untuk pelanggan listrik 900 VA.

Sri Mulyani mengungkapkan, stimulus listrik akan diberikan pada kuartal III 2021 atau selama Juli hingga September 2021.

“Jadi durasinya diperpanjang 3 bulan sampai dengan September, untuk 32,6 juta pelanggan 450 VA dan 900 VA. Jadi untuk total diskon listrik membantu masyarakat terutama kelompok menengah bawah ini adalah sebesar 7,58 triliun,” kata Sri Mulyani.

Tidak cuma untuk konsumen listrik rumah tangga, pemerintah juga akan memberikan bantuan rekening minimum dan biaya beban atau abonemen listrik bagi pelanggan bisnis, industri dan sosial dengan sasaran 1,14 juta pelanggan.

Durasi stimulus untuk kelompok tersebut juga sama seperti konsumen rumah tangga, yakni diberikan hingga September 2021.

Beliau menambahkan, ada penurunan diskon tarif listrik untuk pelanggan bisnis, industri, dan sosial. 

Jika sebelumnya diskon tarif listrik 100 persen ditanggung pemerintah, maka untuk periode sekarang diskon yang diberikan hanya sebesar 50 persen.

Demikian informasi tentang “Daftar Bantuan PPKM JULI 2021 ada Uang 300 Ribu Sampai Diskon Pulsa Listrik 50%”

SIMAK JUGA

Login Sekarang Bantuan Pemerintah Bulan Juli 2021, Langsung Cair 2,4 Juta Disini…

Login Penerima BLT UMKM Juli 2021 Langsung Cair Rp 1,2 Juta, Cek Resmi Sekarang…