in

Perhatikan, Masih Belum Dapat Transferan BLT Rp 600 Ribu? Mungkin Ini Sebabnya

Pemerintah sudah menyalurkan bantuan Rp 600 ribu/bulan ke 5,5 juta rekening peserta, yakni 2,5 juta di batch atau gelombang 1 dan 3 juta di gelombang 2 yang ditransfer hari ini.

Bila ada calon peserta yang belum mendapatkan bantuan subsidi gaji tersebut, terdapat beberapa kemungkinan. Pertama, bisa saja memang masih menunggu giliran untuk dimasukkan ke dalam batch selanjutnya.

Namun ada pula hal teknis yang dapat menyebabkan bantuan tidak diterima, misalnya saja data nomor rekening yang disetor ke BPJS Ketenagakerjaan adalah yang sudah tidak aktif.

“Nomor rekening yang ada tadi tidak aktif sehingga orang itu tidak menerima-menerima,” kata Kepala Biro Humas Kemnaker Soes Hindarno saat dihubungi detikcom, Jumat (4/9/2020).

Bila didapatkan masalah seperti itu maka data calon penerima dikembalikan ke perusahaan untuk ditukar dengan data terbaru.

“Jadi ada retur lagi untuk disampaikan ke BPJS Ketenagakerjaan untuk minta ke perusahaannya agar nomor rekeningnya disetorkan yang masih aktif, jangan yang sudah expired,” sebutnya.

Soes juga pernah mengatakan hal lain yang dapat menyebabkan bantuan tidak masuk ke rekening karena nama di buku rekening dan di KTP tidak sinkron.

“Jangan-jangan salah nama, (misalnya namanya) Soes ngetiknya Sos, ya sudah sampai kiamat beda satu huruf tidak akan masuk ke rekening karena kan (prosedurnya) by name by address, sesuai NIK (Nomor Induk Kependudukan),” tambahnya.

Untuk diketahui, total peserta penerima bantuan Rp 600 ribu/bulan ada 15,7 juta orang. Namun distribusinya tidak serentak. Ada beberapa gelombang atau batch antrean. Mereka akan menerima subsidi gaji dengan total Rp 2,4 juta yang dikirim dalam 2 tahap, masing-masing Rp 1,2 juta untuk bantuan September-Oktober, dan Rp 1,2 juta untuk bantuan November-Desember.

detik.com

SIMAK JUGA

Ruang Guru Mundur dari Platform Digital Kartu Prakerja, Apa Dampaknya?

Cuma Rp 3 Ribuan Paket Internet Telkomsel Bebas Akses Banyak Layanan, Nih Cara Aktifinnya Bro