in

Resmi OJK! Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online Terbaik yang Wajib Diketahui

Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online Terbaik yang Wajib Diketahui

Di era sekarang bank atau pegadaian bukanlah satu-satunya solusi untuk mencari jalan keluar ketika seseorang mengalami kesulitan keuangan. Belum lagi harus memiliki jaminan ketika hendak mengajukan pinjaman uang. Proses yang rumit dan harus memiliki jaminan dalam pengajuan pinjaman ini kini dapat diatasi dengan adanya platform pinjaman online terbaik.

Meskipun umumnya aplikasi pinjaman online memberikan kemudahan dalam proses pengajuan dan pencairan dana yang cepat. Bukan berarti Anda dapat memilih aplikasi pinjaman online secara asal-asalan. Banyak orang yang menyesal meminjam uang di beberapa platform pinjaman online karena sering kali mendapat perlakuan yang tidak nyaman dari pihak penagih.

Cara Memilih Aplikasi Pinjaman Online Terbaik

Agar Anda tidak salah memilih aplikasi pinjaman online Anda harus teliti sebelum mengajukan pinjaman. Dalam memilih aplikasi pinjaman online terbaik Anda harus melakukan beberapa cara berikut!

  1. Telah Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah pastikan aplikasi pinjaman online tersebut telah terdaftar dan diawasi oleh pihak OJK. Dengan begitu aplikasi pinjaman online tersebut memiliki legalitas yang jelas karena perusahaan yang bergerak di fintech atau pinjaman online harus terdaftar di OJK.

Pemerintah melalui OJK akan memberikan kebijakan-kebijakan dalam penerapan sistem pada pinjaman online tersebut mulai dari ketentuan besaran suku bunga dan denda, cara penagihan dan lain-lain. Anda dapat mengunjungi www.ojk.go.id untuk memastikan aplikasi pinjaman online tersebut terdaftar dan diawasi oleh OJK.

  1. Memiliki Mekanisme yang Transparan dan Terbuka

Pada aplikasi pinjaman online terbaik yang telah terdaftar di OJK pasti akan memiliki mekanisme yang transparan dan terbuka agar calon nasabah memahami secara jelas mengenai mekanisme dan persyaratan yang harus dipenuhi untuk mengajukan pinjaman uang.

Nasabah akan diberikan informasi lengkap mengenai besaran suku bunga, denda keterlambatan dan lainnya tanpa ada yang ditutup-tutupi. Biasanya aplikasi pinjaman online terbaik akan menyertakan simulasi perhitungan cicilan dengan mengisi jumlah dana yang akan dipinjam dan waktu pelunasan. Dengan begitu calon nasabah akan secara gamblang mengetahui besaran cicilan yang harus dibayar.

  1. Memiliki Customer Service yang Mudah Dihubungi

Pilihlah aplikasi pinjaman online yang memiliki customer service yang mudah dihubungi. Dengan begitu Anda dapat mengajukan berbagai pertanyaan dan mendapatkan informasi mengingat semua proses pengajuan dilakukan secara online. Atau bahkan Anda ingin mengajukan komplain dengan adanya customer service yang mudah dihubungi Anda dapat lebih mudah mengajukan keluhkan.

Halaman: 1 2

Rekomendasi

UPDATE MARET!! Cara Cek Nama-nama Penerima Kartu Prakerja Gelombang 13 Terbaru

Dana Langsung Cair!! Modal KTP Dana Langsung Cair Kerekening Pribadi Rp 2 Juta