in

Ruang Guru Mundur dari Platform Digital Kartu Prakerja, Apa Dampaknya?

Ruang Guru mundur sebagai salah satu platform digital di Program Kartu Prakerja.

Dikabarkan sebelumya, Ruangguru hanya berfokus sebagai lembaga pelatihan bagi seluruh pengguna, termasuk peserta Program Kartu Prakerja.

Sehingga, sejauh ini hanya ada tujuh platform digital yang dapat dipilih peserta yang dinyatakan lolos seleksi Kartu Prakerja.

Bagaimana tanggapan pelaksana Kartu Prakerja?

Dihubungi Kompas.com, Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, mundurnya Ruangguru sebagai platform digital Program Kartu Prakerja tidak berdampak besar.

“Sebetulnya tidak ada dampaknya karena peserta masih bisa memilih pelatihan dari Ruangguru/Skill Academy di platform digital lain,” kata Louisa, Sabtu (5/9/2020).

Hal ini berarti, peserta tetap dapat mengakses pelatihan-pelatihan dari skill academy atau Ruangguru pada mitra resmi platform digital Kartu Prakerja.

Ia menjelaskan, saat ini terdapat tujuh platform digital yang bergabung dengan Kartu Prakerja.

Pihak pelaksana, lanjut dia, memberikan kesempatan kepada platform digital lain untuk bergabung selama memenuhi kualifikasi.

“Tujuh platform digital itu mewadahi 165 lembaga termasuk Ruangguru/Skill Academy, yang menyediakan lebih dari 2.000 pelatihan yang dapat dipilih oleh peserta Kartu Prakerja,” ujar dia.

Louisa menegaskan, pihaknya akan melakukan seleksi terhadap platform digital yang berminat bergabung dalam program Kartu Prakerja.

“Kami sifatnya menyeleksi platform digital yang ingin bergabung, bukan mengganti,” kata dia.

Platform digital yang berminat bergabung pada program, dapat mengetahui persyaratannya ke Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja melalui info@prakerja.go.id.

Louisa menambahkan, sejauh ini terdapat beberapa platform digital yang menyatakan minatnya untuk bergabung. Namun, platform-platform digital tersebut belum disebutkan secara rinci.

Ia mengimbau para peserta untuk memilih pelatihan yang sesuai dengan minat dan rencana ke depan.

“Kami harapkan apa pun pelatihan yang dipilih oleh peserta akan membawa manfaat,” imbuh dia.

kompas.com

SIMAK JUGA

Jangan Salahkan Pemerintah! Tak Dapat Bantuan Pemerintah dari Subsidi Gaji hingga BLT, Ini yang Perlu Anda Cek

Perhatikan, Masih Belum Dapat Transferan BLT Rp 600 Ribu? Mungkin Ini Sebabnya