in

Tak Disangka, Cawabup Perempuan Pertama Gresik Ini Keturunan Jaka Tingkir

Suksesi kepemimpinan di Kabupaten Gresik bakal menarik.

Secara mengagetkan, muncul calon wakil bupati (cawabup) perempuan pertama pada kontestasi Pilbup Gresik 2020.

Dialah Dra. Hj. Aminatun Habibah, M.Pd atau akrab disapa Ning Min. Cabup Gresik Fandi Akhmad Yani (Gus Yani) menggandengnya untuk maju sebagai pasangan kandidat.

Siapa sangka, Ning Min yang merupakan aktivis perempuan dan pendidikan ini ternyata punya garis keturunan dari Raja Pajang, Jaka Tingkir.

Sebagai informasi, Joko Tingkir (Jawa), Peng King Kang (Tionghoa) dan Raden Mas Karebet adalah sederet nama masyhur dari Sultan Hadiwijaya.

Jaka Tingkir merupakan pendiri sekaligus raja pertama Kerajaan Pajang yang memerintah tahun 1549-1582 M

Bila dirunut ke belakang, Ning Min mewarisi garis keturunan Jaka Tingkir dari dzurriyat Kiai Qomaruddin (Kiai Kanugrahan), pendiri Pondok Pesantren Qomaruddin yang terletak di dukuh Sampurnan, Bungah, Gresik. Ning Min adalah cicit dari pendiri salah satu pondok pesantren tertua di Pantura Jawa itu. Pesantren Qomaruddin sendiri berdiri pada tahun 1775 M.

Neng min adalah anak dari salah satu Pemangku Pondok Qomaruddin yakni Almarhum Kiai Ahmad Muhammad Al-hammad.

Bila ditarik garis ke belakang maka runtutan silsilahnya adalah, Aminatun Habibah (Ning Min) bin Kiai Ahmad Muhammad Al-Hammad bin Khodijah bin Kiai Ismail bin Kiai Nawawi (M Sholeh Tsani) bin Rosiyah bin Kiai Harun bin Kiai Qomaruddin bin Kiai Samidin bin Nyai Jonah bin Kiai Dentho bin Kiai Jumali bin Joko Tingkir (Sultan Hadiwijaya).

Bila pertimbangan nasab yang baik diyakini sebagai awal mula yang baik, maka Ning Min punya modal istimewa untuk maju Pilbup 2020 yang sedianya digelar 9 Desember nanti.

Selain mengantongi bekal nasab yang moncer, Ning Min juga kaya pengalaman dalam berorganisasi. Tercatat Ning Min aktif sebagai Wakil Sekretaris PW Ma’arif NU Jatim dan Bendahara MKKS SMK Maaruf NU dan Pondok Pesantren Jatim.

Perempuan yang kini menjabat Kepala SMK Assaadah Bungah Gresik itu juga pernah dipercaya sebagai Ketua 1 PC Fatayat NU Gresik ; Pengurus PC Muslimat NU Gresik; dan anggota Panwaslu Kabupaten Gresik.

Ning Min memang aktif berorganisasi sejak kuliah sarjana jurusan Bahasa Inggris di IKIP Yogyakarta (sekarang UNY).

Dia adalah aktivis PMII.

Dalam dunia aktivisme kampus tercatat Ning Min Masih satu angkatan dan karib dengan Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin). Saat kuliah, kursi ketua PMII Yogya saat itu diduduki Cak Imin.

Bukan hanya itu Ning Min juga tercatat sebagai salah satu pendiri lembaga pusat perlindungan anak dan perempuan Gresik. Melalui lembaga itu, dia abdikan diri dengan kegiatan advokasi dan pemberdayaan masyarakat, khusunya terhadap perempuan dan anak.

Tak pelak, hadirnya Ning Min pada Pilkada Gresik memberi warna dan harapan baru.

Selain sejarah akan mencatatnya sebagai kandidat cawabup pertama dalam pemilu Gresik, Ning Min punya peluang besar untuk mewakili suara kaum ibu di Kabupaten Gresik.

Tribunnews.com

SIMAK JUGA

Penjelasan Resmi BRI tentang BST Rp 600 Ribu per Bulan ke Rekening dan Cara Dapat Bantuan Covid-19

Sri Mulyani Buka-bukaan soal Lomba Video New Normal Berhadiah Rp 168 M